Rabu, 25 Juli 2012

BATU BARA DI KAWASAN STOPEL MULAI MENGELUARKAN ASAP


SEMARANG- Sejumlah Batu Bara di Kawasan stopel  tepatnya di Kawasan Industri Kaligawe mulai mengeluarkan asap. Bahkan ada beberapa Batu Bara yang sudah menjadi bara api.  Hal ini sangat membahayakan karena bisa menimbulkan bara api lebih besar. Penyebab timbulnya asap dari batu bara ini disebabkan didalam  gundukan terjadi pelembaban oleh air hujan yang terserah ke dalam batu bara. Ditambah hembusan angin serta panas disekitar  kawasan stopel Kaligawe ini dapat memicu timbulnya asap pada batu bara
Menurut Agung salah seorang penjaga stopel  “asap sudah muncul sejak rabu (25/7) dari pukul 06.00. Awalnya hanya muncul asap saja, namun semakin siang dengan panas yang semakin terik bara api mulai terlihat”. Dengan peralatan seadanya Agung dan para penjaga stopel lainya memadamkan bara api, baik dengan menyemprotkan air ke arah batu bara tersebut, dan menggunakan alat berat untuk memisahkan batu bara yang sudah menjadi bara api dan yang belum menjadi bara api. Di dalam Kawasan Stopel Kaligawe ini terdapat batu bara dari berbagai perusahaan general suplaiyer batu bara di Semarang, diantaranya Karya Bersama, Mahakam Sumber Jaya,dsb.
Merugi
Dengan adanya kejadian seperti ini menjadikan perusahaan-perusahaan tersebut merugi. Pasalnya saat ditimbang pasti berat batu bara akan berkurang,secara otomatis berdampak pada pengurangan harga jual. “Disamping itu walaupun  Batu Bara yang berada disekitar Kawasan Stopel merupakan jenis Sub-bitumen,yaitu  Batu bara dengan mutu yang lebih tinggi dengan memiliki kandungan karbon yang lebih banyak, dan tingkat kelembaban yang lebih rendah, dengan terdapatnya air yang meresap ke dalam batu bara, tetap saja tidak bisa dihindari akan terjadi kelembaban ditambah lokasi Kali Gawe merupakan daerah panas yang cepat memicu terjadinya penguapan” ujar General Manajer dari  Karya Bersama Bapak Indra Nugroho,SH. Secara Fisik akan mengurangi mutu dan kualitas dari Batu Bara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar