Selasa, 08 Mei 2012

Klenenga Jawa Yang Terdengar Damai Alunannya


Klenengan merupakan salah satu budaya indonesia yang berasal dari pulau jawa. Klenengan merupakan serangkaian alat musik tradisional yang di kolaborasikan menjadi satu. alat musik klenengan ini di gunakan untuk mengiringi nyanyian dari seorang penyanyi yang di sebut sinden. nyanyian atau lagu dalam bahasa jawa yang di iringi klenengan adalah langgam atau bowo. Seni Klenengan ini sangat disukai oleh kaum tua yang menyukai ketenangan saat mendengarkan sebuah lagu jawa. Dengan menghasilkan sebuah music yang menennangkan jiwa menjadikan klenengan music khas Jawa. Dalam penyampaian lagu biasanya menggunakan bahasa jawa kental. Sebuah Klenengan jawa banyak yang berisikan nilai-nilai kehidupan dan pesan orang tua kepada anaknnya.
Pada zaman dahulu Klenengan di pakai untuk hiburan pada suatu upacara adat di kerajaan. Sampai sekarang pun klenengan masih di pakai untuk hiburan pada acara hajatan pernikahan , khitanan dan lain - lain khususnya untuk masyarakat jawa. Dengan tetap menjaga bahasa lagu yang digunakan bahasa jawa,dan semua anggota pemain klenengan dan penyanyi diwajibkan menggunaka pakaian adat jawa saat tampil. Hal ini membuktikan bahwa budaya klenengan merupakan budaya indonesia yang harus di jaga kelestariaanya agar tidak di klaim oleh negara lain.
Seni budaya klenengan biasa di kolaborasikan dengan pagelaran wayang kulit yang menjadikan suasana lebih tentaram dan damai. Apabila kita mendalami setiap alunan music klenengan yang di mainkan pasti kita merasa hidup dalam suasana kerajaan yang membawa tentram hati kita. Satu rangkaian alat  yang digunakan dalam klenengan terdiri dari kenong,kendang, saron, gong, centhe, rebab dan lain - lain. Banyak sekali grup klenengan yang adadi Indonesia yang bergabung dalam karawitan komplit.

1 komentar:

  1. bagus banget buat tugas skripsiq nnih,,, minta sumbernya donk...trimakasih ^^

    BalasHapus