Rabu, 09 Mei 2012

Mobnas Tubular ?



            
          Jauh sebelum SUV Esemka ramai diberitakan, sebenarnya kita sudah mampu merajut mobil sendiri. Sadar kan bila Jip tubular yang dipakai kompetisi kelas berat, kebanyakan memakai sasis rajutan sendiri. Malah, kalau piki-pikir bisa jadi jip Tubular custom yang banyak berlaga di arena off-road kita, layak disebut mobnas. Memang bukan dalam konteks mobil harian yang ber AC, power window, dan audio serta mampu diiisi 7 penumpang dengan nyaman.
            Tapi coba perhatikan beberapa fakta. Jip tubular didesain sendiri oleh orang Indonesia, entah pemiliknya ataupun pembuatnya ( Workshop ), berdasarkan selera dan pengalaman mereka di trek off-road. Dari event adventure, rock crawling, sampai speed off-road, kita dapat menjumpai ji-jip tulangnya murni karya local. Malah  di kalangan off-roader menilai jip tubular sebagai opsi paling mutakhir bila ingin ikut dalam sebuah kompetisi.
            Bila ditanya masalah kwalitas dan kelayakan sudah banyak terbukti di arena off-road. Mungkin bila pemerintahatau pihak terkait memang serius ingin membuat mobnas, coba lirik arena off-road. Niscaya akan menemukan banyak karya lokal yang hebat-hebat.

1 komentar:

  1. ada mobnas tubular yang sudah masuk pasar sejak 2008, yaitu Fin Komodo Offroad.

    Websitenya: http://www.finkomodo.com

    BalasHapus