Selasa, 08 Mei 2012

Tari Saman Masuk Daftar Warisan Budaya UNESCO



Tari Saman yang berasal dari Povinsi Nanggroe Aceh Darussalam secara resmi masuk dalam daftar warisan budaya tak benda sehingga memerlukan perlindungan mendesak dari Badan Dunia untuk pendidikan,ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan ( UNNESCO ).
Asisten deputi Urusan Kebudayaan Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat,Suyud Winarno,mengemukakan Tari Saman resmi masuk dalam daftar. UNNESCO berdasarkan keputusan dalam “ Sixth Sessions of the Intergovermental Commite for The Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage” . Setelah berkas diperiksa oleh sekertaris UNNESCO kemudian oleh pakar Internasional,lalu diajukan dalam siding penetapan. Dan akhirnya ditetapkan telah memenuhi persyaratan.
Alasan Tari Saman masuk ke dalam warisan budaya tak benda dikarenakan telah memenuhi berbagai kriteria. Salah satunya Tari Saman saat ini sudah jarang dilakukan oleh kaum laki-laki. “ Tari Saman penarinya adalah laki-laki yang penuh nuansa religius. Di Acehsendiri Tari Saman sudah langka,dan yang menarikannya kini kaum wanita. Bila tidak segera dilestarikan nanti tarian ini lama-lama akan hilang. Inilah salah satu yang menjadi alas an mengapa Tari Saman masuk dalam daftar warisan budaya UNESSCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar